Membaca Cepat Teks

  • Kompetensi Dasar                 :

            Menemukan ide pokok berbagai teks non sastra dengan teknik

membaca cepat(250 kata/menit).

  • Tujuan Pembelajaran           :
  1. Mengukur kecepatan membaca diri sendiri dan orang lain
  2. Memahami isi bacaan
  3. Membaca dengan kecepatan 250 kata per menit

 

 

Penjelasan                              :

  1. A.    Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik

membaca cepat(250kata/menit).

Membaca cepat berfungsi untuk mengukur kecepatan dan kecermatan seseorang dalam memahami suatu teks bacaan dalam waktu yang singkat.Setelah kalian membaca suatu teks bacaan,kita mencari ide pokok paragraph yang menjadi bagiannya,untuk mencari ide pokok kita harus membaca dengan cermat tapi cepat.

  1. 1.      Mengukur kecepatan membaca diri sendiri dan orang lain

 

Untuk mengukur kecepatan membaca cepat kita bisa menggunakan rumus kecepatan membaca yakni

Kecepatan membaca= Jumlah kecepatan membaca

Lama membaca (… menit)

 

 

Jika nilai kecepatan membacanya bernilai :

201-…..kata/menit bernilai baik sekali

151-200kata/menit bernilai baik

101-150kata/menit bernilai sedang

51  -100kata/menit bernilai kurang

 

Dengan menggunakan rumus kecepatan membaca kita bisa mengukur atau membandingkan kecepatan membaca diri sendiri maupun orang lain.

 

 

  1. 2.      Memahami bacaan

Untuk memahami bacaan dengan cara membaca cepat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1.Fokuskan kosentrasi pada wacana yang akan di baca

2.Hindari membaca dengan bersuara atau menggerakkan bibir.

 

 

 

3.Hindari membaca secara berulang-ulang.

4.Hindari membaca dengan menunjuk teks dengan jari.

5.Ulangi membaca setiap paragraph,pahami isinya dan ingat  kata

kunci yang dapat mewakili paragraph tersebut.

 

 

  1. Membaca dengan kecepatan 250 kata per menit

Untuk memperbaiki kemampuan membaca cepat, berikut ini beberapa yang harus diperhatikan.

  1. Mulailah berlatih membaca bacaan yang isi dan kata-katanya mudah cukup dikenal. Setelah lancer,carilah bacaan yang lebih sulit.
  2. Sebelum membaca, rumuskan beberapa pertanyaan pengarah untuk dicari jawabannya dalam bacaan. Setelah membaca,akan didapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.
  3. Mengurangi kegiatan anggota tubuh yang dapat mengganggu aktivitas membaca,seperti vokalisasi.
  4. Meningkatkan penguasaan kosakata dan pengetahuan,yang sendirinya kecepatan kecepatan membaca akan semakkin meningkat.

Meskipun dalam membaca cepat di utamakan kecepatannya,namun bukan berarti mengesampingkan unsur pemahaman. Sebab kecepatan yang tinggi akan berarti sama sekali apabila tidak disertai tingkat pemahaman.

 

Indikator Membaca Cepat

  1. 1.      Rumus

 

Kecepatan Membaca = Jumlah Kecepatan Membaca

Lama Membaca (…Menit)

 

Keterangan :

201  – … kata/menit               = baik sekali

151  -200kata/menit               = baik

101  -150kata/menit               = sedang

51    -100kata/menit               = kurang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: